Pages - Menu

Selasa, 12 November 2013

Recovery Windows di Sony Vaio

Utak-atik netbook sony Vaio memang menyenangkan apalagi saat senggang, berikut share cara recovery panduan dan video tutorial cara recovery Windows di Sony Vaio yang sengaja saya buat video panduan meskipun tidak bagus tapi saya kira sudah cukup membantu dalam proses recovery Windows di Sony Vaio type PCG-4V1W yang sudah ada windows bawaanya.

Yang harus diperhatikan saat recovery Windows Sony Vaio 

Beberapa hal yang harus diperhatikan saat akan memulai proses recovery Sony Vaio PCG-4V1W diantaranya :
1. Pastikan data yang ada di drive C: telah terbackup, karena proses recovery windows sony vaio ini akan menghapus semua data baik file office, mp3, video dll, juga aplikasi software jadi sebelum memulai backup dahulu data yang tersimpan, jika kesulitan dapat untuk melakukan backup data karena windows rusak atau trobel dapat dengan melepas hardisk dan di pasang pada PC atau laptop lain yang memiliki koneksi SATA.

2. Pastikan charger terpasang karena proses recovery berlangsung lebih dari 3 jam, pada tipe Sony Vaio PCG-4V1W yang saya coba membutuhkan waktu 3 - 4 jam tergantung kondisi hardware. Untuk itu selalu pastikan charger terpasang dan ON, karena seringkali banyak yang lupa untuk memastikan kondisi power sudah ON atau belum.

how to recovery Sony Vaio PCG-4V1W
label Sony Vaio PCG-4V1W

Cara Recovery Windows di Sony Vaio

Pada dasarnya cara recovery Windows baik di laptop atau netbook sama, pertama matikan laptop jika kesulitan mematikan laptop karena hang tinggal cabut charger dan cabut battrei pasti laptop mati, Setelah laptop Sony vaio mati nyalakan hingga muncul logo Sony Vaio lalu tekan F10 setelah itu tunggu hingga muncul kotak dialog recovery.

press f10 to recovery Sony Vaio PCG-4V1W
tombol yang digunakan untuk recovery windows

jika kotak recovery tidak muncul ualngi lagi mulai awal karena bisa jadi saat menekan F10 telat atau keliru, jika proses semua telah dilakukan dengan benar maka akan muncul gambar di bawah ini, klik restore c: Drive untuk melakukan recovery lalu klik start maka proses recovery akan segera di mulai, dan jika ada pertanyaan lain tinggal pilih yes atau accept 

restore c: drive
restore c: drive

setelah proses dialog dengan laptop selesai maka secara otomatis proses recovery akan berjalan, tunggu proses hingga selesai semua. Silahkan lihat video dibawah ini agar tidak terjadi kesalahan saat proses recovery Windows Sony Vaio

 

Install aplikasi software pasca recovery windows

Setelah recovery Windows berjalan normal yang dilakukan adalah menginstall kembali aplikasi software yang telah tehapus dan untuk software bawaan dari Sony Vaio yang dianggap tidak terlalu dibutuhkan dapat langsung duhapus lewat control panel agar software yang kita butuhkan tidak sampai crash dengan software bawaan dari recovery windows sony vaio, salah satunya yang telah saya buang adalah antivirus McAfee , Office trial 60days dan beberapa aplikasi utility Sony Vaio yang menjadi beban pada laptop.

Semoga sharing singkat ini dapat bermanfaat dan membantu, selamat mencoba Recovery Windows Sony Vaio dan semoga berhasil


Tidak ada komentar:

Posting Komentar