Pages - Menu

Minggu, 09 September 2012

Mengurangi Gigis Pada Anak Kecil

Bagi anak yang baru tumbuh gigi seringkali yang menjadi masalah adalah timbulnya karang gigi yang nantinya akan menyebabkan gigis, hal ini biasanya terjadi pada balita dan anak yang mulai mengkonsumsi makanan kasar. Tentunya hal ini akan membuat kita sebagai orang tua kawatir tentang kesehatan gigi anak, apalagi anak kita sering mengkonsumsi makanan yang manis seperti coklat atau permen atau bahkan meminum susu.

Sebelum timbul karang gigi kita sebagai orang tua hendaknya mengontrol dan juga memberikan pengertian kepada anak kita tentang makanan yang dimakan anak kita, meskipun hal ini tidak gampang dilakukan kita tidak boleh bosan-bosan untuk selalu memperhatikan dan menjaga makanan yang di konsumsi anak kita, diluar langkah preventif mengontrol makanan juga kita harus melakukan beberapa hal berikut.

Memberikan minum air setalah makan makanan yang manis ataupun sehabis minum susu, minum air putih untuk mengurangi dan membersikan sisa-sisa makanan yang telah dimakan hal ini juga sangat baik agar si kecil selalu terhidrasi terutama bila si kecil mulai sering bergerak dan tidak hanya itu kebiasaan meminum air bagus untuk melatih si kecil agar rutin meminum air putih.



Menyikat gigi sikecil pada saat mandi dengan sikat jari khusus balita, membersikan gigi tidak cukup hanya dengan minum air putih tapi juga dengan menyikat gigi si kecil dengan sikat gigi khusus agar gusi dan kulit mulut sikecil tidak sakit saat meyikat gigi, untuk pasta gigi sekarang sudah banyak pasta gigi yang aman ketika tertelan dan juga berbagai banyak aroma dan rasa yang membuat aktifitas sikat gigi anak lebih menyenangkan.

Semoga dengan informasi ini kita dapat mengurangi resiko gigi gigis pada anak dan tentunya akan membuat anak kita lebih percaya diri dalam bersosialisai dengan lingkungannya dengan gigi yang sehat dan bersih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar