Pages - Menu

Selasa, 10 September 2013

Investasi Emas Atau Properti ?

Mungkin sebagian dari kita banyak yang sudah atau masih bingung untuk hal yang satu ini, menginvestasi hasil keringat kita sebagai bekal/tabungan di hari tua atau untuk keperluan jangka panjang saat kita tidak bisa bekerja salah satunya sebagai biaya pendidikan anak atau yang paling panjang lagi juga dapat diguanakan sebagai warisan atau modal untuk anak-anak kita agar nantinya dapat dimanfaatkan dan juga dikembangkan dalam sebuah usaha yang dapat bermanfaat bagi semua.

Investasi emas atau properti?

Setelah berangan-angan panjang diatas waktunya kembali ke masalah investasi Emas atau Property? disini saya hanya mencoba menshare tentang diskusi bersama teman-teman yang beberapa memang sudah melakukan investasi baik di emas ataupun juga property, memang jika mempunyai dana ngganggur besar sebaiknya tberhenti membaca tulisan ini dan segera beli kedua-duanya, namun jika tidak ada dan harus memilih ada baiknya kita mencari informasi kira-kira yang cocok dengan saya apa? emas atau property? berikut sedikit informasi yang saya dapatkan kelebihan dan kekurangan antara investasi emas dan property.

Kelebihan dan kekurangan investasi emas.

Emas yang kita bicarakan disini bukan emas perhiasan tapi emas batangan atau emas murni yang kadar emasnya berkisar 22-24 karat baik bentuk koin (biasanya dinar) ataupun bentuk kotak, disini jika kita kebutuhan dana untuk membelinya tidak terlalu besar namun juga tidak murah, hal ini karena variasi bentuk emas murni bermacam-macam mulai dari yang 4gram (biasanya dinar) dan 5gram (kotak) keatas hingga kiloan, dengan harga pergram berkisar 500.000 ribuan keatas untuk rate bisa di lihat di website tempat kita membeli emas tersebut, jika emas wakala, dapat kita lihat di wakalanusantara.com dan jika emas antam dapat dilihat di website logammulia.com, pegadaian.co.id dan bank-bank yang menjual emas.

Setelah harga atau minimal modal yang kita butuhkan sudah jelas atau tersedia kini kita lihat fluktuasi harga dari investasi emas, pada investasi emas harga dapat juga naik turun dalam rentang waktu yang relatif singkat (harian/bulanan) namun dalam jangka panjang tahunan atau bahkan puluhan tahun kita akan benar-benar merasakan hasilnya karena pada umunya emas mengalami peruabahan harga seperti gelombang laut, ada kalahnya naik ada kalanya turun namun dalam jangka panjang dapat dipastikan harga emas akan konsisten naik

Setelah membeli, menyimpan saatnya menjual, disini untuk menjual emas tidaklah sulit dan tidak memerlukan skill khusus atau link-link khusus, karena dengan mudah kita dapat menjual emas di tempat kita membeli emas, untuk prosenya juga cepat hanya beberpa menit saja, cukup mudah dan gampangkan! Namun yang harus diperhatikan adalah adanya nilai beli dan nilai jual yang mengharuskan kita untuk menghitung dengan tepat sebelum menjual karena bisa jadi saat kita jual emas kita, kita akan mengalami kerugian karena harga emas sedang turun atau tidak mengetahui bahwa ada harga jual yang lebih rendah daripada harga beli, umumnya untuk mengatasi hal demikian pastikan harga jual emas hari ini (hari saat kita mau jual emas) LEBIH BESAR daripada harga emas saat kita beli.

dinar wakala
Salah satu model emas murni (dinar)
Sekarang bagi yang ingin mendapatkan cicilan investasi emas juga dipermudah di beberapa bank, karena kini banyak bank-bank yang memberikan fasilitas cicilan emas dengan DP 20-30%, dengan pilihan pembayaran yang relatif lebih panjang dan ringan, tapi tetap saja benar-benar harus diperhatikan tentang sewa loker deposit emas yang mungkin di bebankan pada kita. Sebaiknya pelajari dan bandingkan antar bank dengan tepat agar investasi kita tidak muspro karena biaya lain-lain yang menggerus keuntungan investasi kita.

Kelebihan dan kekurangan investasi Property.

Property ini mencakup semua baik tanah ataupun rumah (baik yang berdiri diatas tanah ataupun berdiri diatas rumah). Untuk gampangnya jika kita membaca tentang investasi emas diatas, investasi property ini adalah lawan dari investasi emas, mulai dari modal paling tidak sebuah property paling murah modal atau dana yang dibutuhkan diatas 10jt itupun bisa jadi habis untuk wira-wiri kesana kemari untuk memastikan property yang akan kita beli sah dan memang tidak ada sengketa, hal ini harus benar-benar diperhatikan karena jika terjadi masalah sengketa maka bisa jadi dana kita akan membengkak atau bahkan kita hanya buang-buang dana berharga kita. 

Setelah property yang kita beli telah kita sah secara administrasi, surat tanah atas nama kita, tidak ada sengketa, tetangga atau lingkungan sekitar juga tidak bermasalah, saatnya berbicara tentang kenaikan harga property. Jika pada emas harus menunggu tahunan agar harga jual emas melebihi harga beli berbeda dengan property, jika sedang beruntung hanya waktu 3 hari harga rumah 150jt bisa menjadi 200jt, atau harga tanah 30jt menjadi 50jt , hal bisa saja terjadi karena harga property tidak hanya melihat NJOP atau Nilai Jual Objek Pajak (lihat pajak bumi bangunan) tapi juga kondisi lingkungan, kebutuhan pembeli dan variasi kebutuhan lainnya yang dapat dimaksimalkan untuk menaikkan harga sebuah property.

Menggiurkan bukan... namun untuk menjualnya tidak semudah menjual emas, kerena property tidak seperti emas yang dapat dikembalikan/dijual pada yang menjual, gampang-gampang susah memang. Bagi yang berkecimpung di dunia property hal ini bisa jadi seperti membalik telapak tangan (mungkin..) tapi yang pasti akan sangat susah jika kita tidak mengerti sama sekali tentang menjual property seperti saya atau mungkin anda, meskipun demikian hal ini dapat juga diatasi dengan menggunakan jasa mekelar atau broker property, memang bervariasi prosentase hasil penjual mulai dari 3%-5% tergantung kesepakatan awal


Selain dijual kembali sebuah property dapat juga kita manfaatkan untuk hal-hal yang dapat mendatangkan menfaat secara ekonomis, salah satunya untuk kos-kosan, di kontrakkan, dijadikan kebun, dijadikan tambak atau kolam atau juga disewakan agar selama masa menunggu kita juga mendapatkan pundi-pundi rupiah.

invetasi property menguntungkan
Memanfaatkan prooperty menjadi tambak (properti bukan milik saya)

Mungkin itu sekelumit informasi ringan tentang investasi Emas dan Properti yang saya ketahui, pilihan tetap ditangan anda, jika tidak kemapuan belum dapat untuk invstasi property semantara emas juga tidak masalah, atau dapat juga menabung emas atau jika dana yang ada cukup untuk berinvestasi properti langsung beli juga tidak masalah, intinya pelajari dulu berbagai keuntungan dan resiko dalam berinvestasi lalu tetapkan media apa yang akan kita jadikan ladang investasi dan yang paling penting ACTION. Semoga informasi ini dapat berguna bagi kita semua....bangun..bangun....sudah habis tulisannya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar