Pages - Menu

Senin, 30 September 2013

Perpanjangan SIM C

Setelah genap umur 30 tahun saatnya memperpanjang SIM C yang memang kadaluarsa bertepatan dengan tanggal kelahiran. Memang banyak pilihan tempat dalam memperpanjang sim di Surabaya diantaranya jalan kolombo, tunjungan plasa (TP) dan beberapa tempat lainnya, namun karena penasaran akhirnya pilihan jatuh di SIM keliling di Taman Bungkul Surabaya yang memang berlokasi di depan taman bungkul. 

Perpanjang SIM C di Taman Bungkul 

Berbeda dengan perpanjangan sim di  kolombo ataupun di TP yang secara proses relatif lebih lama dengan antrian yang agak banyak, di taman bungkul kondisi antrian tidak terlalu banyak dan sama dengan sim keliling lainnya proses perpnjangan cukup sederhana, mudah dan cepat. Untuk prosesnya pembuatannya tidak sampai 10 menit hanya hanya yang membuat lama adalah jumlah antriannya panjang atau pendek,  saat saya mulai mengantri jumlah antrian sekitar 4 orang mungkin hal ini termasuk pendek namun jika antrian panjang dapat juga kita nikmati dengan melakukan obrolan dengan orang di depan atau dibelakang kita sebagai pembunuh kejenuhan saat menunggu.

antrian perpanjangan SIM di Taman Bungkul
Antrian perpanjangan SIM di Taman Bungkul

Proses dan Biaya Perpanjangan SIM C

Setelah mengantri sekitar 5 menit saatnya saya berdiri di depan counter kecil petugas, setelah itu bapak petugas akan menanyakan jenis SIM yang akan diperpanjang, setelah selesai menjawab maka pak petugas menyodorkan map formulir perpanjangan SIM C dengan biaya 125rb dan biaya tambahan 1000 rupiah untuk scan KTP dan SIM lama kita, karena memang dari rumah tidak kepikiran untuk menfotocopy KTP dan SIM lama.

Setelah formulir di dapat kini saatnya mengisi, masalah sedikit timbul saat saya ternyata tidak membawa bolpoint (karena memang tidak punya), namun hal ini tidak masalah karena ada saja pedadang yang menjajakan bolpoint dengan harga 3000 rupiah, alhamdulillah ada juga yang membantu dalam hati. Ada tiga formulir yang harus diisi lengkap, untuk pengisian formulir ternyata juga ada petugas yang membantu memberikan pengarahan sehingga dengan cepat tiga formulir terisi dengan benar dan cepat.

formulir telah terisi kini semua saatnya mengembalikan atau ditumpuk ke bapak petugas, setelah map ditumpuk lalu bapak petugas mengingatkan saya untuk mengingat-ingat nomer map agar nantinya ketika dipanggil dapat dengan mempercepat proses selanjutnya, dengan segera saya tulis nomer map di telapak tangan agar tidak lupa saat dipanggil.

Setelah menunggu sebentar akhirnya nomer map 24 saya mendapatkan panggilan untuk melakukan foto SIM, tapi sebelum foto SIM beberapa hal yang harus dilakukan adalah melakukan scan Jempol kanan dan tanda tangan sim pada alat yang telah disediakan oleh petugas setelah semua selesai kini saatnya foto SIM, setelah foto nantinya petugas akan menanyakan pada kita untuk memastikan data yang masuk benar, selanjutnya menunggu sebentar untuk proses print SIM yang hanya memerlukan waktu sebentar.

Jika dihitung total waktu yang diperlukan untuk mengurus perpanjangan SIM C sekitar 20 menit mulai dari antri, membeli dan mengisi formulir hingga kartu SIM baru masuk dompet. Ya cepat dan mudah juga tidak berbelit-belit 

Namun pada saat akan pulang ada yang menarik dari pengurusan perpanjangan SIM di taman bugkul ini sekejap mata tertuju pada seorang yang menjual jasa laminasi SIM atau pemasangan screen guard (seperti pada layar HP) hanya saja hal ini dilakuakn pada kartu SIM, tarifnya 5000 rupiah dengan laminasi bolak-balik pada kartu, sebuah peluang usaha yang melihat kelemahan kartu SIM  memang jika terlalu sering tersentuh atau bergeser dengan kulit dompet maka tulisan atau gambar kartu SIM akan cepat pudar dan dengan ditambahkannya lapisan ini dapat mengurangi masalah terebut, jika dihitung cukup murah karena tampilan SIM dapat bertahan lama atau 5000 rupiah untuk 5 tahun.

Laminasi SIM keliling Taman Bungkul
Jasa laminasi kartu SIM
Semoga informasi memperpanjang SIM C di Taman Bungkul ini dapat memberikan informasi yang mungkin diperlukan saat ingin memperpanjang SIM di SIM Keliling di Taman Bungkul Surabaya, Selamat mencoba dan sukses selalu.

1 komentar:

  1. Makasih bagus banget gan..
    Cara memperpanjang sim di taman bungkul
    http://www.hadiantoko.net/2015/08/cara-memperpanjang-sim-di-taman-bungkul.html

    BalasHapus