Pages - Menu

Kamis, 12 September 2013

Memperbaiki Mesin Cuci Sanyo Getar Dan Glodak-Glodak

Setelah sehari membeli mesin Sanyo tipe ASW-36SB kini saatnya instalasi air dan juga listrik agar dapat digunakan untuk membantu mengurangi beban dalam mencuci, tapi saat di coba ternyata mesin cuci Sanyo mengalami glodak-glodak dan getar yang sangat hebat, seperti suara helikopter. Marah !? tidak, tapi bingung dan bingung menghadapi hal ini, barang baru kirim tapi setelah dipakai ternyata mengalami masalah, akhirnya mau tidak mau harus di cari solusi mengatasi glodakan dan getar pada mesin cuci agar dapat dipakai.

service glodakan dan getar mesin cuci
gambar mesin cuci sanyo

Analisa penyebab kerusakan Glodakan dan getar pada mesin cuci.

Setelah mencoba mencari kesana kemari informasi yang beredar di dunia maya ternyata tidak membawakan hasil karena rata-rata informasi yang ada menyarankan untuk mengubah posisi mesin cuci agar rata, namun setelah saya perbaiki posisi dengan bantuan waterpas tetap saja getar dan tidak membuahkan hasil yang baik namun karena merasa telah membeli barang yang secara harga terbilang mahal jadinya eman jika tidak digunakan, akhirnya pada malam hari saya coba kembali dan hasilnya...

Tetangga berdatangan karena dikira rumah roboh, setalah agak lama mau tidak mau saya harus membongkar mesin cuci yang satu ini, dengan berbekal obeng plus (+) dan sedikit keyakinan akhirnya perbaikan dimulai dengan membukan bagian belakang dan setelah itu mulai mesin cuci dinyalakan untuk mengetahui masalah glodak-glodak dan getar setelah lama akhirnya ketemu penyebab masalah glodakan dan getar, ternyata ada tuas yang fungsinya kurang jelas, dipakai untuk penyeimbang atau sengaja dipasang agar jasa service Sanyo laris manis, tak masalah alsannya tapi paling tidak kini kita tahu penyebab bunyi glodakan dan getar pada mesin cuci Sanyo.

Ternyata penyebab masalah adalah adanya tuas yang menyentuh tabung mesin cuci, hal ini yang menyebabkan terjadinya getar dan juga glodakan hebat terutama saat proses pengeringan berjalan, nah sekarang bagaimana mengatasinya agar kerusakannya tidak membuat pusing dan kecewa karena membeli mesin cuci Sanyo.

Memperbaiki masalah Glodakan dan Getar mesin Cuci Sanyo.

Bahan dan alat yang diperlukan untuk mengatai masalah ini cukup mudah kita dapatkan, Obeng Plus (+) dan kawat. Obeng plus untuk membuka casing belakang mesin cuci dan kawat untuk mengikat tuas "masalah" ke casing agar tuas tidak menyentuh tabung mesin cuci saat berputar, perhatikan gambar dibawah ini tuas di ikat ke lubang casing agar tuas tidak bergerak ke sana kemari (perhatikan lingkarang merah).



Cara ini tidak serta merta muncul, karena sebelumnya cara yang digunakan tidak dengan kawat namun dengan membungkus tuas "masalah" dengan selang karet, tapi setelah di test ternyata mein cuci masih berbunyi dan tetap glodakan, kemudian cara kedua dengan menempelkan tuas dengan selotip namun hal ini hanya bertahan semingguan, karena selotip terlepas karena terkena air dari tabung dan bencana tuas muncul lagi. Akhirnya cara ketiga dan sampai sekarang bertahan dengan menggunakan kawat.

Semoga informasi ini dapat membantu teman-teman yang mengalami hal yang sama dan juga bagi pihak Sanyo sebaiknya memperhatikan produk yang dijual agar kita sebagai konsumen tidak merasa dikecewakan, karena bagaimanpun juga hal ini tentunya akan menjadi pertimbangan untuk membeli produk lainnya. Selamat mencoba dan semoga beruntung mengatasi Getar dan Glodakan

22 komentar:

  1. permasalahan ane juga sama gan sama mesin cuci ini
    padahal ane ude complaint ke pusatnye , tapi suruh tunggu 3-4 bulan dengan biaya 400 karna lagi proses pemesanan barngnye, ane tungguin 3-4 bulanlebih barangnye gak kunjung dateng pas ane tlpn lagii tlpn yg di kertas tersebut tidak aktiff !!!

    BalasHapus
  2. coba bongkar sendiri aja dulu gan, sapa tau bisa daripada habis uang 400rb dan 3bulan sia-sia nunggu gak ada balasan.

    BalasHapus
  3. Itu tuas pengaman sistem spin-nya mesin cuci Sanyo; jd sebaiknya jangan diikat karena akan menyebabkan sistem ydk akan berhenti apabila terjadi goncangan saat spin. Banyak masalah terjadi akibat center motor pulley yg salah, coba diadjust kiri/kanannya tapi jgn terlalu ketat fab beltnya, itu bisa memperbaiki permasalahan.

    BalasHapus
  4. Thanks info nya masalah yg sama dengan mesin cuci saya,

    BalasHapus
  5. Thanks info nya masalah yg sama dengan mesin cuci saya,

    BalasHapus
  6. permisi gan, numpang tanya?
    punyaku kok dinyalain bunyi tit tit tit trus keluar kode EA knpa ya gan?

    BalasHapus
  7. Wah sama mesin cuci saya juga bergetar . Sampe ortu bingung gara" saya tinggal tidur . Mana baru pertama kali punya mesin cuci kan ..

    BalasHapus
  8. Wah sama mesin cuci saya juga bergetar . Sampe ortu bingung gara" saya tinggal tidur . Mana baru pertama kali punya mesin cuci kan ..

    BalasHapus
  9. dulu waktu baru dikirim dan saya instal dirumah malah cuma dengung aja gak bisa muter.. ternyata ada yg ganjel, itu setelah teknisi datang.. kini stlh bbrp tahun.. pas sampai tahap akhir (spin ) pasti keluar U4.. ntar coba ah bongkar dew.. nekad..

    BalasHapus
  10. Yaampun kirain mesin cuci dgn tipe asw 85 sb dari sananya kali saya berfikirnya ... udah kaya mau perang bener2 , malu2in bngt kalau lg nyuci tetangga pd nnya suara apaan itu.. huuaa

    BalasHapus
  11. Kalo membuka child lock gemanya bang

    BalasHapus
  12. Ntu fungsi nya bwt penyeimbang.

    BalasHapus
  13. Bang kalo msn cuci lg turbo drum saat spin putaran awal bunyi kletek2 setelah agak lama suata hilang,itu kira2 apanya ya bang..mohon pencerahan dr para master...matur suwun

    BalasHapus
  14. Assalamu'alaikum bang,....mesin cuci saya Sanyo zeromatic,dah lama,aku ganti tiang per penyangga satu sett(4pcs).di PUTER TANPA BEBAN bunyi glodakan menyentuh body2 dan yg lebih hebat lagi bisa goyang keatas bawah.goyang keatas juga goyang ke samping menyentuh nody sampai2 saklar pintu sentilan nya patah.sekarang belum bisa.......per dri tiang tsb sensitif banget,APA MUNGKIN KLO AKU IKAT TUAS TSB bisa.......???aku tahu di per yg sensitif.tiang tsb baru 4 jam yg lalu aku beli.

    BalasHapus
  15. Maksud kami mesin cuci nya yg aku beli dlm kondisi seken.(zeromatic).klo tiang penyangga 4 jam yg lalu beli baru.

    BalasHapus
  16. Maksud kami,Sanyo zeromatic seken, .klo tiang penyangga baru 4 jam yg lalu beli baru 1 sett.

    BalasHapus
  17. Pak.saya mau tanya bagaimana cara membuka child lock mesin cuci Sanyo asw86sb,mksih

    BalasHapus
  18. Maaf gan mesin cuci saya klo lagi giling bunyi glodok glodok knp ya?

    BalasHapus
  19. Maaf gan mesin cuci saya klo lagi giling bunyi glodok glodok knp ya?

    BalasHapus
  20. Maaf gan mesin cuci saya klo lagi giling bunyi glodok glodok knp ya?

    BalasHapus
  21. Maaf mau nanya ni pemula bang saya punya mesin cuci merek Sanyo Kulo dinyalakan power langsung putar motornya kenapa ya tlg informasi nya dan solosinya

    BalasHapus
  22. mengnonatifkan child lock mesin cuci sanyo asw 86 bagaimana

    BalasHapus